Struktur database apa saja?

Posted on

Apa saja Struktur Database?

Database adalah sekumpulan data yang tersimpan dalam suatu sistem untuk memudahkan penyimpanan, pencarian, dan manipulasi data. Struktur database mengacu pada bagaimana data dalam database terorganisir. Struktur database dapat berupa berbagai jenis, termasuk tabel, field, record, query, dan lainnya.

Data. Data adalah sekumpulan fakta yang mengenai objek tertentu, misal angka, huruf, gambar, film dll yang relevan dan belum mempunyai arti. Data dapat disimpan dalam struktur database seperti tabel, field, dan record.

Informasi. Informasi adalah data yang telah diproses dan diberi arti. Informasi dapat disimpan dalam struktur database seperti query.

Tabel. Tabel adalah struktur database yang paling umum. Tabel menyimpan data dalam bentuk kolom dan baris. Kolom menyimpan informasi tentang jenis data yang disimpan dalam tabel, sedangkan baris menyimpan data yang sesuai dengan kolom.

Field (kolom). Field adalah bagian dari tabel yang menyimpan data. Field menyimpan informasi tentang jenis data yang disimpan dalam tabel.

Query. Query adalah struktur database yang digunakan untuk mengambil data dari tabel. Query dapat mengambil data berdasarkan kriteria tertentu, seperti jenis data, tanggal, lokasi, dan lainnya.

Record (baris). Record adalah bagian dari tabel yang menyimpan data. Record menyimpan data yang sesuai dengan kolom.

Struktur database yang tepat akan membantu Anda menyimpan, mencari, dan mengakses data dengan lebih mudah. Dengan memilih struktur database yang tepat, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Oleh karena itu, penting untuk memahami berbagai jenis struktur database dan bagaimana mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. 9 Feb 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *