Apa perbedaan CRM dengan e-CRM?

Posted on

Apa Perbedaan antara CRM dan E-CRM? CRM dan E-CRM adalah dua strategi yang berbeda untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Kedua strategi ini berfokus pada meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Perbedaan utama antara CRM dan E-CRM terletak pada saluran komunikasi. CRM berinteraksi dengan pelanggan melalui telepon, saluran distribusi, atau faks. Sementara, E-CRM menghubungi pelanggan melalui Internet, email, dan teknologi terbaru.

CRM menggunakan strategi untuk mengumpulkan informasi pelanggan, menganalisis informasi tersebut, dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Strategi ini dapat mencakup pemasaran, pelayanan pelanggan, dan manajemen produk. Dengan CRM, perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan potensial dan meningkatkan pelayanan pelanggan.

E-CRM adalah strategi yang menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Strategi ini menggunakan teknologi seperti email, situs web, dan aplikasi mobile untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. E-CRM juga dapat membantu perusahaan mengumpulkan informasi pelanggan, menganalisis informasi tersebut, dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Kedua strategi ini dapat digunakan bersama-sama untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan menggabungkan CRM dan E-CRM, perusahaan dapat meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Dengan menggabungkan CRM dan E-CRM, perusahaan dapat meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan kedua strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 12 Jul 2022.