Dari mana asal gaji Kepala Desa?

Posted on

Gaji Kepala Desa, Penghasilan Tetap yang Diterima

Gaji Kepala Desa merupakan penghasilan tetap yang diterima oleh kepala desa dan perangkat desa. Gaji Kepala Desa ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa. Gaji Kepala Desa ini bisa berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung pada besaran APBD Desa yang ditetapkan.

Tahun 2021, Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa

Tahun 2021, gaji Kepala Desa dan perangkat desa di Indonesia masih ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2020 tentang Gaji Pokok Kepala Desa dan Perangkat Desa. Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa tahun 2021 ini masih ditetapkan berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2020.

Permendagri Nomor 113 Tahun 2020 ini menetapkan gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa berdasarkan jenis desa, yaitu Desa Terpencil, Desa Terdepan, Desa Terluar, dan Desa Perbatasan. Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa Desa Terpencil tahun 2021 adalah Rp. 2.800.000,- per bulan, Desa Terdepan Rp. 3.000.000,- per bulan, Desa Terluar Rp. 3.200.000,- per bulan, dan Desa Perbatasan Rp. 3.400.000,- per bulan.

Selain itu, penghasilan tetap yang diterima kepala desa serta perangkat desa ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa. APBD Desa ini bisa berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung pada besaran APBD Desa yang ditetapkan.

Tips untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa Tahun 2021

Untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan tahun 2021:

1. Pastikan untuk memahami dan mengikuti peraturan terbaru tentang gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa, yaitu Permendagri Nomor 113 Tahun 2020.

2. Pastikan untuk mengetahui dan memahami APBD Desa yang berlaku tahun 2021.

3. Pastikan untuk memanfaatkan Alokasi Dana Desa secara efektif dan efisien.

4. Pastikan untuk melakukan perencanaan keuangan yang baik untuk memaksimalkan penghasilan tetap yang diterima.

5. Pastikan untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar tentang pengelolaan keuangan desa.

6. Pastikan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam mengelola keuangan desa.

Demikianlah tips untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa tahun 2021. Semoga dengan tips ini, Kepala Desa dan Perangkat Desa bisa mengelola keuangan desa dengan lebih baik dan efektif. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *