SystemEver Software ERP System Manajemen Inventory Terbaik Indonesia

ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia – Setiap perusahaan memiliki masalah krusial dalam menjalankan bisnisnya, dari mulai akses permodalan hingga manajemen sistem di dalamnya. Akan banyak sekali masalah yang bisa kita bedah lebih lanjut, tetapi penulis akan fokus pada masalah intinya saja yaitu pada sistem dari suatu bisnis.

 

Masa pandemi seperti sekarang ini, sistem ERP dapat memudahkan Anda bekerja dan terintegrasi dengan gudang. Lalu dengan Cloud ERP dapat memudahkan kita mengatur inventory kapanpun dan dimanapun, serta memudahkan komunikasi dan integrasi antar divisi secara realtime. Sistem manajemen inventory tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga bisnis kecil dan menengah (UKM). Jenis usaha yang berkembang ini membutuhkan ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia.

Penulis sengaja membahas ini karena berdasarkan pengalaman pribadi waktu mengelola usaha meskipun masih berskala rumah tangga, tetapi minimal ilmu ini bisa saya share kepada para pembaca blog saya ini. Terutama tentunya yang berkaitan dengan stok barang yang akan dijual. Sebelum kita bahas initinya lebih lanjut, berikut ini adalah pengalaman penulis waktu awal-awal memulai usaha.

Sistem Cloud ERP

Masalah Bermula Saat Pertama Kali Membuka Usaha

Awal mulanya masalah muncul ketika bagian produksi dipegang oleh orang yang sama dengan bagian penjualan. Untuk skala rumah tangga 2 bagian ini umumnya dikerjakan sendiri. Tapi kalau sudah meningkat lagi ke level yang lebih tinggi, 2 bagian ini mesti dipisah per divisi agar tidak terjadi conflict of interest serta agar load pekerjaan tidak menumpuk.

Bayangin jika seseorang mampu menjual barang dan dia juga mendapatkan informasi tentang stok barang dari supplier, jika seseorang ini memiliki integritas yang buruk, dia bisa saja menjual produk atas nama pribadi, karena dia merasa sudah dikenal oleh supplier kan? Ini tentunya akan merugikan perusahaan. Pembagian untuk berbagai divisi ini baru awal mula, masih banyak lagi problem yang perlu dibenahi.

Ini hanya masalah saya dulu, masih ada masalah umum pada UMKM yang sedang berkembang terutama bagi industri yang bergerak dalam bidang pengadaan barang atau jasa, pasti menghadapi berbagai masalah dalam mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan, dan produksi.

Idealnya setiap perusahaan membagi menjadi 3 divisi penting. Pertama divisi yang mengurusi tentang Purchase/Production/Accounting, lalu yang kedua bagian Sales dan yang terakhir bagian Inventory.

Problem pada Perusahaan yang Tidak Mengimplementasikan ERP

Perusahaan yang lebih besar lagi, masalah juga lebih rumit. Berikut beberapa masalah yang berpotensi timbul yang disebabkan karena kurangnya implementasi ERP di suatu perusahaan:

  1. Kehabisan stok
  2. Stok barang ready, tetapi jadi stok mati (dead stock)
  3. Banyak stok barang yang rusak atau busuk
  4. Stok barang berlebihan, tidak efisien
  5. Penentuan harga tidak tepat
  6. Laporan inventory kurang lengkap
  7. Laporan masih manual, jadil lambat dan tidak efisien
  8. Forecasting permintaan barang yang tidak tepat
  9. Alat mengatur rantai pasok yang kurang baik
  10. SDM yang rawan human error

Sistem manajemen inventory

Sehingga pemeriksaan stok barang sangat baik jika dapat berlangsung secara real time/langsung. Aksesnya pun dapat diatur sesuai dengan divisi masing-masing. Solusi terbaik mengatasi ini adalah dengan sistem software cloud ERP.

Dengan adanya software sistem ERP yang dirancang untuk sistem penjualan akan meminimalisir terjadinya fraud yang menjadi resiko saat barang keluar, pengelolaan stok yang terintegrasi dengan supplier serta tersinkron dengan sistem pembelian.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Manajemen Inventory

Sistem invetory yang baik idealnya adalah kombinasi teknologi (perangkat keras dan perangkat lunak) dan proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan dan pemeliharaan barang-barang yang disimpan di gudang.

Menurut wikipedia, sistem manajemen inventory adalah perangkat lunak manajemen inventaris untuk melacak tingkat inventaris, pesanan, penjualan, dan pengiriman. Ini juga dapat digunakan dalam industri manufaktur untuk membuat perintah kerja, bill of material dan dokumen terkait produksi lainnya.

Perusahaan yang bertumbuh akan membuka banyak cabang di berbagai wilayah ataupun kota. Ekspansi bisnis ini memang cukup challenging, karena kita perlu menyiapkan beragam tetek bengeknya.

Sistem manajemen inventory yang mendukung solusi cloud ERP sangat dibutuhkan karena setiap perubahan stok persediaan barang bisa realtime, tidak ada perbedaan stok antar cabang. Bayangkan kalau ini semua dilakukan secara manual menggunakan spreadsheet misalnya, tentu akan sangat menyulitkan dan take times banget.

Manfaat Penting dari Sistem Manajemen Inventory

Manajemen Inventory Terbaik

Berikut manfaat sistem manajemen inventory terbaik yang saya baca dari berbagai literatur, yaitu:

  1. Penyimpanan data yang terpusat, tidak terpecah-pecah per bagian atau divisi, akses flexible sehingga hanya ada single point of thrut. Ini sangat cocok karena akan mensupport kebutuhan manajemen
  2. Stock control termanage dengan baik dan mudah digunakan, ini penting untuk memenuhi permintaan konsumen agar selalu tercukupi serta meminimalisir terjadinya dead stock
  3. Pembuatan laporan bulanan maupun tahunan bisa dilakukan seketika itu juga saat dibutuhkan tanpa perlu melakukan pengecekan manual yang banyak memakan waktu, pengecekatan bisa cashless meminimaliser printer dokumen
  4. Menghemat biaya, dari mulai terjadinya human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman
  5. Repeat order meningkat akibat kepuasan pelanggan berkaitan dengan adanya sistem pelacakan pengiriman barang yang yang up to date
  6. Memudahkan dalam melakukan forecasting karena dapat mengetahui produk yang paling populer, produk yang jarang dipesan konsumen, banyaknya barang yang harus disediakan di waktu yang akan datang serta supplier mana yang paling menguntungkan

Fitur yang Wajib Ada pada Sistem Manajemen Inventory

Sistem penjualan

Dari pengalaman awal-awal tadi, dan setelah memahami apa saja manfaat dari sistem manajemen inventory. Dapat disimpulkan bahwa untuk membantu para pebisnis dalam memilih sistem ERP manajemen inventory, berikut ini adalah fitur utama yang harus ada pada sistem manajemen yang baik.

  1. Stock Management, dengan ini kita bisa langsung memantau pergerakan stok barang dari satu cabang ke cabang lainnya maupun dari gudang keluar lokasi. Setiap 1 barang pun yang keluar, maka akan secara otomatis mengurangi stok yang ada di sistem.
  2. Procurement Management, fitur ini adalah salah satu fitur terpenting yang wajib ada pada sistem cloud ERP. Yaitu notifikasi ke manajemen jika barang sudah mencapai batas limit yang ditentukan, sehingga pengguna dapat langsung kulakan ke supplier. Gudang tempat penyimpanan jadi lebih efisien.
  3. Supplier Management, dapat melihat antar pemasok dan informasi detail tentang perusahaannya serta yang paling penting bisa melihat performance masing-masing barang yang disediakan oleh mereka.
  4. Barcode Scanningsoftware ERP untuk perusahaan distribusi sangat membutuhkan ini. Integrasi sistem dengan barcode scanner untuk bisnis merupakan hal yang paling penting oleh perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang retail dan grosir.
  5. Shipment Tracking, fitur ini adalah hal mendasar yang penting di masa sekarang. Bahkan kalau perlu pelanggan bisa menkonfirmasi penerimaan barang lewat aplikasi terintegrasi.
  6. Laporan inventarory periodik, implementasi data analytics pada laporan menjadi fitur yang penting untuk melihat pergerakan stok, valuasi stok, jumlah stok, inventory turnover dll. C-level dapat cepat mengambil keputusan dengan laporan lengkap dan canggih.

Telah Hadir, ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

Cloud ERP Indonesia

Telah hadir SystemEver sebuah Cloud ERP Indonesia yang telah memenuhi 6 fitur yang wajib diatas. Selain itu SystemEver tidak hanya lengkap tapi juga canggih. Dengan berkolaborasi dengan Microsoft Azure, maka stabilitas sistem menjadi lebih powerfull.

Software sistem ERP SystemEver adalah aplikasi besutan Younglimwon Soft Lab Ltd, sebuah perusahaan teknologi asal Korea Selatan yang berdiri sejak 1993 dan telah terdaftar di KOSDAQ (Korean Securities Dealers Automated Quotations). Memiliki cabang di JepangVietnam dan Indonesia

SystemEver menawarkan Cloud ERP Indonesia dengan fitur yang realtime dan modern, karena pengguna akan dimanjakan dengan tampilan Visual-K. Satu tampilan tunggal berbentuk peta, yang bisa melihat secara keselurahan proses garis besar proses dari alur sistem. Pengguna dapat menggunakan satu kali klik saja dan proses kerja otomatis bekerja.

Software ERP untuk perusahaan distribusi

Bagi pengguna pemula, aplikasi ini sudah support untuk tampilan spreadsheet sehingga memudahkan ketika sedang migrasi. Hal inilah yang menjadikan SystemEver sebagai sebagai inventory management software Indonesia terbaik untuk bisnis dan usaha

Di Indonesia, sampai saat ini SystemEver telah memberi manfaat pada sektor brick manufacture, alat dan produk kesehatan serta bidang jasa keuangan. Jadi SystemEver juga sudah suport ERP untuk jasa. Oleh karena itu tepat kiranya jika ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia adalah pionernya.

Kita bisa fokus ke bisnis tanpa perlu khawatir mengenai setting SystemEver karena sudah disediakan fitur Consultant-K yang siap melayani kebutuhan bisnis secara otomatis, jadi bisa meminimalisir jasa konsultan. Kita tak perlu buang-buang waktu serta biaya yang besar.

Video Singkat tentang SystemEver

Ada berbagai i series dari i3 sampai dengan i7, semua menerapkan sistem yang benar-benar sesuai standar sehingga SystemEver merupakan manajemen inventory terbaik untuk bisnis Anda. Penasaran? Simak video berikut ini:

Kesimpulan Manajemen Inventory Terbaik

ERP manajemen cocok untuk diterapkan pada bisnis yang sudah mulai berkembang. Jika Anda punya bisnis yang sudah memiliki cabang di beberapa kota, saya rekomendasikan untuk mulai implementasi SystemEver. Agar pekerjaan bisa jelas sesuai alur kerjanya, mempermudah pengambilan keputusan serta dapat meningkatkan bisnis teman-teman.

Jika bisnis Anda saat ini bergerak di bidang penjualan dan distribusi dan belum menerapakan ERP seperti apa yang saya jelaskan pada artikel ini, itu artinya belum memenuhi kebutuhan bisnis yang standar. Yuk pikir-pikir lagi untuk menggunakan SystemEver.