Manfaat Capacity Building untuk SDM Karyawan Kantor

Semangat karyawan terkadang naik turun, hal ini bisa berpengaruh dengan target perusahaan meleset, deadline tidak tercapai, serta profit bisnis menurun. Bagaimanapun karyawan adalah manusia, perlu disentuh sisi humanisnya.

Kegiatan refreshing dibalik kepenatan kesibukan pekerjaan akan membuat karyawan semangat. Asalkan kegiatan ini tidak berlebihan, banyak hal positif yang akan berefek pada alam bawah sadar karyawan.

Menurut Schuler (1992), manfaat outbond pada kegiatan capacity building adalah:

  • Mengurangi kebiasaan buruk yang dilakukan oleh karyawan
  • Meningkatkan performa karyawan
  • Meningkatkan gap kompetensi karyawan antar angkatan kerja
  • Meningkatkan komitmen karyawan
  • Mengurangi tingkat turn over tinggi, hal ini karena karyawan lebih betah. Sehingga bisa menekan angka karyawan yang resign. Selain itu, gathering kantor ini juga bisa menyemangati karyawan untuk meningkatkan kedisiplinan terkait absensi.

Capacity building ini akan memberikan nuansa baru bagi pegawai yang mengikutinya. Karena dengan mengikuti kegiatan ini, pegawai akan senang dan sejenak melupakan kesibukan kantor.

Beragam istilah capacity building terkadang memiliki nama yang lain di lingkungan perusahaan. Ada yang menggunakan istilah outbond, ada juga yang menggunakan istilah family gathering.

Cara Melakukan Kegiatan Capacity Building

manfaat capacity buildingAgar lebih menikmati kegiatan nanti di lokasi capacity building, akan lebih mudah jika kita menunjuk EO (Event Organizer) yang akan menjadi instruktur nanti di TKP. Hal ini akan membuat seluruh pegawai tidak disibukkan dengan menjadi panitia, tapi akan fokus menikmati acara.

Faktor selanjutnya, selain menggunakan EO adalah pemilihan armada kendaraan menuju tempat berlangsungnya kegiatan. Jika jaraknya cukup jauh, sangat disarankan menyewa bus pariwisata. Hal ini juga akan membuat nyaman karyawan yang biasanya menjadi driver atau pengemudi, sejenak dia akan libur dari tugas akomodasi.

Anda bisa bernegosiasi ke panitia agar menggunakan paket all in alias lengkap. Jadi dari mulai akomodasi dari kantor ke lokasi capacity building, konsumsi,  sewa penginapan atau hotel, instruktur acara sampai kembali ke kantor lagi.

Simak juga artikel lain tentang rumah minimalis tampak depan, sangat inspiratif lo.

Dengan menggunakan paket all in, semua pegawai akan merasa senang. Karena tidak sibuk ngurusin konsumsi, penyiapan alat dan persiapan segala macam. Cukup minta kuitansi, kemudiaan kantor yang bayar, selesai.

Demi kelancaran acara, ada baiknya koordinasi dan negosiasi harga terkait proposal dari penyedia ini, Anda bisa persiapkan 2 bulan sebelum acara dimulai.

Tetapi jika terkendala di keuangan, Anda bisa siasati sedemikian rupa agar lebih hemat. Misal cari bus sewa sendiri dan cari penginapan sendiri. Acara bisa di arrange tim internal saja, konsumsi juga begitu, termasuk kendaraan bisa berangkat sendiri-sendiri ke lokasi menggunakan transport kantong pribadi pegawai.

Contoh Kegiatan Capacity Building

manfaat outbond

Pilihlah permainan atau games yang mengasah otak, gamification ini cukup banyak tersedia di internet. Anda tinggal cari yang memiliki nilai-nilai tertentu.

Di awal acara dan di akhir tinggal disisipkan hikmah, atau nilai apa yang bisa kita ambil dari games tersebut. Sisipkan pula dengan pembukaan oleh supervisor/pejabat terkait untuk sekaligus memberikan sosialisasi yang tepat dan bermakna.

Persiapkan pula alat-alatnya yang perlu disipakan, ini jika Anda menggunakan tim internal. Tetapi jika menggunakan EO, anda tinggal koordinasi message apa yang ingin ditanamkan dari outbond kali ini.

Lokasi Capacity Building

Ada berbagai macam pilihan untuk kegiatan ini, Anda bisa membuat survey ke semua karyawan tentang seperti apa konsep acara dan lokasi yang diinginkan.

Survey bisa berisi pilihan kota/tempat, misal mau di bandung, subang, yogyakarta, bali, pulau seribu, bogor, atau mungkin bisa juga karyawan bisa mengusulkan lokasi tertentu.

Selain itu survey juga bisa berupa jenis wisata yang akan dikunjungi. Misalnya pantai, pemandangan alam atau tempat bersejarah. Rekomendasi lokasi capacity building bisa ke villa di ciater, subang, Jawa Barat. Terkenal sebagai tempat yang dingin, nyaman sekali.

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Ciater atau mau melakukan outbond dan kegiatan lain bisa menyewa Villa di https://bookingvillaciater.id