Cara Menampilkan File yang Disembunyikan Virus dengan Cepat

Lagi butuh cepet ngerjain tugas penting, pas nyolok flashdisck tiba-taba duarrr. Kosong isinya! Pernah kayak gitu gak? Pasti langsung emosi. Tenang, tutorial dibawah ini bakal selesaikan masalahmu.

Tips berikut ini adalah metode tercepat yang penulis pernah coba, silahkan dipraktekkan semoga lekas ketemu data yang disembunyikan oleh virus menyebalkan itu.

Tahap pertama, masuk ke command prompt

cara memunculkan file yang disembunyikan virus

Buka microsoft windows anda, lalu pada search bar aplikasi, ketikkan cmd. Lalu klik Run as administrator. Lihat foto diatas untuk lebih jelasnya.

Komputer windows memang sering terinveksi virus ini, berbeda dengan pemilik Macbook 2020 yang relatif aman dari serangan malware yang sangat mengganggu seperti ini. Pengguna user operating system Linux OS juga tidak pernah menemui virus semacam ini.

Tahap kedua, setujui priviledge windows UAC

pada jendela User Account Control, terdapat pertanyaan “Do you want to allow this app to make changes to your device?” silahkan diklik Yes

cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk

Langkah ini membolehkan kita untuk melakukan setting konfigurasi administrator. Lihat foto diatas untuk lebih jelasnya.

Secara umum, setiap komputer atau laptop bisa melakukan ini. Kecuali ada account administrator disamping account windows yang saat ini anda sedang login. Jika ternyata diblok, Anda bisa logout untuk login sebagai user admin, atau bisa menghubungi admin yang biasa menyeting laptop atau komputer tersebut.

Tahap ketiga, pindah ke path drive Flashdisk yang datanya disembunyikan virus

menampilkan file yang disembunyikan virus
Silahkan cek di komputer Anda, flashdisk Anda dimapping di path apa, di contoh komputer saya flashdisk terpasang menjadi D, maka di command prompt saya ketikkan D:
Ini bisa berbeda-beda ya, bisa jadi di laptop Anda E, maka ketikkan E: atau mungkin F, maka ketikkan F: begitu seterusnya.
Selanjutnya silahkan ketik kode berikut
attrib -s -h /s /d *.*
lalu tekan enter
Kemudian tunggu beberapa saat, sampai selesai. Tanda selesai bisanya akan muncul lagi path tadi, misalnya saya tadi D, maka akan muncul D:\> jika anda flashdsiknya ada di F maka sampai muncul F:\> begitu.
Setelah itu, lanjutkan melihat di windows eksplorer, sekarang sudah muncul foldernya kan?
Selamat, masalah solve ya.

Tips tambahan, membersihkan komputer

Penulis tambahkan cara ini, agar komputer anda lebih bersih dan meminimalisir agar laptop lebih tahan atau minimal mengurangi resiko terserang virus lagi.

Jika masalah anda sudah selesai, datanya sudah ketemu. Langkahnya backup data anda, saran terbaik adalah backup minimal di 2 tempat yang berbeda. Pertama di layanan cloud computing seperti di Google Drive, Dropbox atau Onedrive. Yang kedua backup di eksternal harddisk atau usb flash disk.

Setelah data-data anda terbackup. Langkah selanjutnya adalah melakukan scan anti virus komputermu. Sebaiknya lakukan rutin seminggu sekali, tips terbaik agar tidak lama menunggu. Lakukan scan di malam hari sebelum tidur, pas bangun tidur udah selesai. Tinggal shutdown PC agar adem. Baru nyalakan lagi

Jika Anda memiliki laptop yang lumayan high-end, terkadang melakukan install ulang dan scan virus lebih lama scan virus. Trik ekstrim saya adalah install ulang aja setahun 2 kali. Biar komputer fresh kembali. Tentu anda harus siap install software dan melakukan backup data. jangan lakukan ini jika belum siap dengan keribetannya.

Jika budget belum mencukupi, Anda bisa menginstall komputer dengan OS linux, saat ini untuk desktop linux relatif aman dari virus. Beberapa distro linux rekomendasi kami adalah ubuntu, slackware atau kali linux.