Pengalaman dalam Menemani Belajar Si Kecil di Masa Demi

Pandemi Covid-19 masih belum usai, pemerintah masih menetapkan proses belajar mengajar anak-anak melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebagai orang tua yang sibuk dengan pekerjaan kerja, saya sendiri langsung kewalahan ketika mesti menemani si kecil belajar di rumah.

Sebelum Corona melanda saja, saya termasuk jarang menemani. Biasanya pasangan saya yang lebih aware akan pendidikan anak. Anak saya saat ini menginjak usi 4 SD, sementara saya sendiri sudah puluhan tahun tidak makan bangku sekolah.

Sebagai wujud tanggung jawab orang tua, saya pun mulai meningkatkan kepedulian terhadap pelajaran anak. Ketika berusaha menemani, ternyata pelajaran 4 SD saja, banyak juga yang saya tidak mudeng, mesti belajar lagi. Wah, apalagi anak saya coba?

Keinginan untuk selalu hadir pada anak pun semakin meningkat, wujudnya tentu tidak harus dalam waktu dan tenaga. Dengan semangat dan dukungan nyata, hal ini pun memotivasi untuk bertindak lebih jauh selain kehadiran fisik dalam belajarnya si kecil.

Makanya akhirnya 6 bulan yang lalu, saya pun memutuskan untuk mendaftar di RuangGuru untuk anak pertama saya ini. Beberapa kelebihannya kenapa saya akhirnya memilih RuangGuru adalah karena aplikasi belajar ini memiliki pengguna 22 juta lebih dengan jumlah pengajar sebanyak 300.000 guru. Banyak juga kan?

Beberapa Fitur Penting yang Membuat Saya Tertarik Mendaftarkan Anak ke RuangGuru

Ini adalah beberapa fitur yang pernah dipakai anak saya ketika berlangganan RuangGuru, yaitu sebagai berikut:

Challenge

Seperti layaknya main game, dengan fitur ini akan membuat anak saya tertarik. Karena siswa jadi merasa tertantang dengan misi-misi yang terlihat layaknya timeline, ada pelevelan dari level mudah sampai ke level expert.

Anak secara distimulus agar tidak bosan dalam belajar, konsep yang kreatif pada aplikasi belajar RuangGuru membuat anak jadi tidak menganggap serius meskipun sedang belajar. Hasilnya tentu anak senang dengan ilmu pengetahuan. Ini tentu besar banget efeknya pada pemahaman anak dan tentunya masa depannya kelak.

Bank Soal

Ketika musim ujian telah tiba, fitur ini sangat bermanfaat untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi ujian nanti. Sama seperti try out, dengan bank soal ada banyak sekali soal, pembahasan dan juga kunci jawaban yang siap dikerjakan kapan saja dan dimana saja.

Ruangguru pilihan terbaik bagi Anda para orang tua yang peduli dengan pendidikan anak. Fitur-fiturnya menurut saya sangat membantu anak untuk belajar. Jika Anda juga sebagai orang tua seperti saya yang sering kesulitan memahami materi sekolah, RuangGuru menjadi pilihan tepat untuk menemani putra-putri Anda dalam belajar.

Produk Unggulan RuangGuru

Ruangbelajar

Ini adalah tempatnya video animasi pembelajaran yang interaktif. Selain itu ada banyak latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. Jadi satu kesatuan gitu, habis nonton langsung diuji pemahamannya lewat soal yang memang nyambung dengan pembahasan video.

Brain Academy Online

Ini adalah fitur bimbel live yang interaktif, anak bisa belajar secara langsung bertemu dengan guru. Sehingga bisa dijadikan konsultasi dalam pembahasan soal, pengerjaan PR ataupun bertanya mengenai materi pelajaran yang sedang mengalami kesulitan.

Ruangles

Nah, ini adalah fitur untuk les privat. Di duangles, anak tak perlu nunggu antrian atau habis waktu untuk mendengar pembahasan teman sekelasnya. Sehingga bisa fokus langsung ke permasalah pribadi yang sedang dihadapi dalam konteks pelajaran sekolah.

RuangUji

Produk untuk mengikuti tryout online.

RuangKerja

Tersedia pelatihan online spesifik untuk meningkatkan SDM perusahaan

RuangBaca

TEmpat belajar dan tips belajar

RoboGuru

Disini kita bisa mengirimkan foto soal agar bisa dipecahkan oleh pakar

SkillAcademy

Tempat kursus teknikal dan softskill

English Academy

Kursus bahasa inggris dengan pengajar native dan kurikulum Cambridge

Leave a Comment