Tips Apa yang Perlu Diketahui Saat Melakukan Investasi Properti?

Pernah berpikir untuk melakukan investasi di bidang properti? Apakah anda sudah cukup yakin dengan berbagai resiko yang muncul saat anda membeli properti dari sebuah developer?

Selama ini banyak dari mereka yang hendak melakukan investasi beranggapan bahwa dengan investasi properti artinya mereka menanam uang dalam bentuk unit, lalu menjadikan asset simpanan atau tabungan masa depan, tanpa resiko.

 

Kenyataannya, kita tetap harus waspada dan siap dengan berbagai resiko yang mungkin terjadi di kemudian hari nanti berkaitan dengan properti yang kita miliki, dan untuk itu harus kita pikirkan dengan matang sejak awal hal-hal yang bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Perlu diingat bahwa properti merupakan satu produk yang tidak mudah untuk likuid, tidak seperti sektor forex dan obligasi saham. Properti setidaknya memerlukan waktu untuk proses likuiditasnya, minimal 30 hari sejak pengajuan likuidasi di bank atau lembaga penjamin.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Investasi Properti bagi Pemula

Agar tidak terjebak dengan berbagai hal manis tentang investasi properti, penting kiranya mengetahui apa saja yang menjadi landasan keputusan sebelum berinvestasi di sektor ini.

1. Pahami Capital Gain Dari Sektor properti

Terdapat hal positif dari investasi properti, yakni capital gain dimana harga properti dapat mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena aset berupa tanah akan terus meningkat harganya seiring pertumbuhan nilai suku bunga.

2. Pahami Tujuan Anda Melakukan Investasi Properti

Kebanyakan orang memang membeli rumah untuk ditempati, namun tidak jarang juga yang membeli rumah untuk kembali disewakan. Untuk itu penting memahami tujuan hendak apa anda membeli rumah sebagai bentuk investasi.

Ketika memilih rumah untuk ditinggali, tentu anda harus memilih rumah yang membuat dan keluarga merasa nyaman. Termasuk lingkungan yang akan ditinggali, apakah nyaman dengan rumah didalam lingkungan yang hening atau Anda lebih suka lingkungan rumah yang ramai?

3. Perhatikan Modal Yang Akan Anda Gunakan

Kita tahu bersama bahwa harga sebuah properti, apapun jenisnya bukanlah produk dengan harga yang murah, harga sebuah properti berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah tergantung dari jenis properti yang akan Anda beli.

Oleh sebab itu perhatikan betul-betul modal yang anda miliki, jangan sampai anda melakukan pinjaman untuk pembiayaan yang tidak bisa anda melunasi tepat pada waktunya.

Jika hendak meminjam ke bank, pastikan anda meminjam kepada bank yang terpercaya, tanyakan dengan seksama mekanisme peminjaman, hingga pembatalan pinjaman jika ada hal-hal yang urgent.

4. Tetap Fokus pada Rencana Awal Investasi

Tidak banyak yang bisa melakukannya, karena sering tergoda di tengah jalan. Penting untuk menentukan apa yang Anda inginkan ketika investasi properti.

Sering terjadi, banyak pemula yang melakukan investasi properti bertujuan untuk berinvestasi, sebut saja seperti ingin memiliki aset properti khusus untuk berbisnis, kemudian berpindah ke menjual properti tersebut karena sepi atau tidak ada yang mau menyewanya kembali.

Masih banyak tips terkait investasi properti bagi pemula. Yang penting disini Anda berani keluar dari zona nyaman dan kritis dalam membeli propertinya. Anda bisa kritis dengan cara memperbanyak informasi mengenai properti yang dipilih atau banyak bertanya kepada developer dan pihak penjual properti nantinya.

Dan jangan lupa juga untuk mengenali terlebih dahulu berbagai investasi properti yang menguntungkan dan mudah untuk Anda jalankan. Anda bisa mengunjungi salah satu developer yang layak untuk dijadikan investasi di tahun ini bernama daisan, di website https://daisan.co.id/