Tips Mendidik Anak Tentang Menstruasi Sebelum Anak Mengalaminya

Mengajari anak tantang kesehatan sangat penting sekali, lebih-lebih saat pandemi seperti saat ini. Anak yang aware akan kesehatan sejak dini, tidak hanya membuat dirinya terhindaar dari risiko penyakit. Tetapi hal ini juga memberikan manfaat ke lingkungan sekitarnya termasuk kita, orangtuanya.

Berdasarkan penelitian UNICEF tahun 2020, di Indonesia 1 dari 4 anak tidak pernah menerima informasi tentang menstruasi sebelum menarke. Informasi ini tentu menjadi warning bagi kita, para orang tua untuk lebih intens dalam mendidik dengan benar anak perempuan kita. Terutama para Ibu ya.

Beruntungnya penulis mengikuti acara bagus banget pada hari Kamis, 27 Mei 2021 via zoom tentang Sehat dan Bersih saat Menstruasi  dengan pembicara yang kece abis. Ilmu ini jadi bekal banget bagi aku sebagai ibu rumah tangga dalam mengajari 3 putri kecilku Najla, Halwa dan Miska kelak ketika udah menjelang dewasa.

Sesi sharing dimulai oleh dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta. Awal-awal beliau menyampaikan fakta bahwa 1 dari 5 anak perempuan tidak megetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa asecara fisik mereka sudah bisa hamil (SDKI, 2017).

Sesi selanjutnya Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH dari Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). Beliau banyak membahas tentang cara menjaga kebersihan masa menstruasi, yaitu dengan mencuci pembalut sebelum dibuang, masukkan ke kantong plastik baru dibuang ke tempat sampah. Ganti pembalut sesudah 4 jam sekali, mencuci tangan setelah membuang pembalut dan mandi 2 kali sehari.

Selanjutnya sesi paling seru adalah saat Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., seoarang psikolog yang membagikan tips menjadi Ibu dalam membicarakan menstruasi kepada anaknya. Peran Ibu untuk edukasi anak perempuan tentang sehat dan bersih saat menstruasi sangatlah penting, karena banyak masalah yang terjadi seperti seolah-olah sulit bicara yang berhubungan dengan area kewanitaan. Apa sih efek berbicara kepada anak yang masih belum haid, serta bagaimana cara bicaranya.

Kebanyakan kita menganggap hal ini tabu ya, ada juga yang beralasan kurang pengetahuan, ada juga yang bingung mau mulai dari mana serta ada kekhawatiran bahwa anak nanti tidak percaya dengan omongan kita. Padahal, berdasarkan penelitian 90% anak perempuan percaya kepada orangtua dan guru sebagai sumber informasi (DITPSD, 2017). Nah loh!

area kewanitaan

Efek negatif jika kita sebagai ibunya tidak mengajarinya, maka akan melahirkan emosi negatif pada anak seperti cemas, malu atau marah. Anak cantik kita jadi tidak siap menghadapi mens, atau lebih parah lagi mereka jadi salah paham saat menghadapi mens. Kesalahpahaman remaja tentang menstruasi, bisa berakibat fatal.

Sehingga mulailah membicarakan dengan benar, maka kesehatan reproduksi si kecil akan lebih baik, bisa mencegah hubungan seks pranikah, mengurangi risiko kesehatan seks serta mendekatkan hubungan psikologis anak dengan orang tua.  Cerita dengan anak perempuan, yang lagi penasaran dan menginjak dewasa, akan seru jika dilakukan dengan baik dan benar.

Beberapa efek jika kita tidak menjaga kesehatan area kewanitaan karena salah menggunakan pembalut dan pembersihnya adalah munculnya jamur. Jamur bisa menyebabkan gatal & infeksi yang lain. Cara membersihkan harus dari depan kebelakang. Selain itu efek yang lebih bahaya adalah risiko kanker serviks, padahal ini bisa menjadi dicegah dengan merawat keseahtan vagina dengan baik, walaupun sedikit gantilah pembalut dengan yang baru. Jangan sayang-sayang, karena demi kesehatan.

Produk yang cocok ideal dan tepat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap.

produk betadine

Misalnya saja ada produk dari betadine dari pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik, ada pula pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, serta ada pula pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator, sama satu lagi ada produk tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Anda bisa beli di link https://shopee.co.id/betadineofficial, recommended deh!

 

Leave a Comment