Tips Mengusir Kebosanan Si Kecil ketika Mesti di Rumah Terus

Kehadiran si kecil di rumah di masa School From Home (SFH) tentu bertambah pula waktu kebersamaan kita dengannya. Sebagai orang tua, kita perlu kreatif memikirkan berbagai aktivitas positif agar si kecil tidak cuma betah saja di rumah, tetapi juga memikirkan bagaimana menjaga kesehatannya, meningkatkan kecerdasannya dan yang paling penting adalah memastikan ia tetap bahagia.

Pengalaman penulis sendiri kala pertama menghadapi kondisi anak seperti ini, cukup kaget ya. Awal-awal bingung bagaimana cara agar anak bisa tetap happy meskipun tidak ketemu fisik dengan teman sebayanya dan juga guru seperti biasanya. Berbagai alasan perlu kita ungkapkan agar buah hati mengerti dengan situasi yang ada.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan, agar si kecil semakin senang dengan kondisi di rumah.

1. Siapkan Beragam Aktivitas Positif

Penuhi aktivitas di rumah dengan beragam kegiatan baik. Tidak melulu dengan belajar, bermain pun tidak masalah selama masih bisa kita pantau. Ini bisa dengan menyiapkan barang-barang untuk kebutuhan kreativitasnya.

Tidak perlu membeli perlengkapan baru, Anda bisa memanfaatkan barang bekas di rumah. Ini juga sekaligus mengajari anak tentang cinta lingkungan, dengan memanfaatkan perabotan bekas yang ramah alam.

Tips Mengusir Kebosanan Si Kecil ketika Mesti di Rumah Terus

Barang-barang seperti botol, bekas kemasan, kardus bisa kita kreasikan menjadi mainan, boneka, mobil-mobilan ataupun kebutuhan sehari-hari. Percantik dengan alat tulis dan pensil warna agar terlihat menarik buat si kecil.

Menurut psikolog Alfa Mardhika seperti dikutip Tempo.com yang paling penting adalah kehadiran kita di setiap aktivitas mereka, karena jika dibiarkan main sendiri, si kecil akan merasa tidak dihargai dan merasa kesepian.

Berikan apresiasi dan pujian apapun karya tangan kecil. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirinya serta membesarkan hatinya.

2. Bercerita atau Mendongeng tidak Hanya Sebelum Tidur

Ajak ngobrol si kecil sesuai umurnya. Ceritakan waktu dia masih kecil, masa-masa masih bayi atau saat Ibu melahirkannnya. Ceritalah betapa imut dan lucunya dia waktu baru lahir, waktu di masa ia lebih kecil dari umurnya saat ini.

Ceritakan pula arti nama yang kita berikan kepadanya, betapa bagus dan bermakna istimewanya arti di balik namanya. Jika sudah bisa diajak ngobrol lebih serius, mulai ceritakan pula kapan Ayah dan Ibu bertemu dan saling menyayangi hingga ke jenjang pernikahan.

3. Dengarkan apa yang Si Kecil Ceritakan

Ketika dia bertanya apa yang sedang ia lihat, dengarkanlah dan tunjukkan bahwa kita antusias dengan pertanyaannya. Ini akan melatihnya mengeluarkan emosi positif dan marangsang keingintahuannya.

Selain itu ketika si kecil berserita sesuai umurnya, kadang ia cerita mainan kesukaannya, teman baiknya dan beragam aktivitas seru yang ia lakukan. Dengarkan dengan seksama, tunjukkan bahwa kita sangat perhatian dengan apa yang dia sukai.

Hal ini akan membuat ia merasa nyaman, dari segi faktor kedekatan emosional. Sehinga ia bisa terhindar dari keinginan melampiaskan rasa nyaman di luar, yang ini tentu sangat berbahaya.

Mendengarkan anak berbicara tidak cuma bermanfaat buat anak lo, kita sebagai pendengar yang baik menurut Psikolog Efnie Indrianie, M.Psi mendengar itu seperti senam otak.

Karena dengan mendengar akan memproduksi dopamine dan serotonin. Sangat bermanfaat untuk mengatasi stres, mencegah depresi dan menimbulkan perasaan damai.

4. Ciptakan Suasana yang Nyaman, Ceria dan Inspiratif

kelebihan cat avian khusus anak dengan karakter kartun disney

Menata ulang desain kamar anak menjadi salah satu hal yang paling penting dalam menerapkan tips ini. Tidak perlu merombak total isi furniture apalagi bangunan rumah, karena hal ini cukup menguras gocek keuangan di masa yang sulit ini.

Cara yang cukup hemat adalah dengan mengecat ulang kamar tidur anak dengan karakter yang disukai anak, misalnya kartun disney. Saya yakin si kecil pasti suka.

Beruntung Avian Brands saat ini meluncurkan produk baru yang membuat si kecil betah di rumah. Cat HomeDeco Glitz memilik efek spesial glitter, kesan mewah berkilau akan mendukung kreativitas si kecil.

Keunggulan utama yang paling penting adalah bahan yang digunakan menggunakan material yang ramah lingkungan dan tahan lama. Kemudian efek glitternya sangat menawan, akan menambah kecerian buah hati, meskipun di rumah terus.

Ada dua varian warna dari cat glitter ini, yaitu gold dan silver. Cukup diaplikasikan dengan mudah menggunakan roller atau kuas. Kandungannya juga tanpa timbal dan merkuri, sehingga aman buat aktivitasnya.

Tunggu apalagi, dapatkan produk rekomendasi Ladylikelily.com ini.