Jaringan Tulang Rawan pada Orang Dewasa

Tulang manusia terdiri dari berabgai macam bagian. Salah satu yang paling menjadi bahan pembicaraan adalah tulang rawan pada orang dewasa. Tulang ini menjadi sangat krusial karena memiliki banyak faktor penting.

Jaringan tulang sendiri terdiri dari 2 (dua) pembagian berdasarkan jenisnya, yaitu jaringan tulang rawan dan jaringan tulang keras. Tulang rawan sendiri terletak pada bagian pinggir yang biasanya menghubungkan antara 1 tulang dengan tulang lainnya.

Letak tulang rawan yang di persendian inilah yang membuat karakteristik tulang lebih lentur, kenyal, empuk dan lebih rawan terluka jika terjadi kecelakaan atau terjatuh.

Tulang rawan memiliki sifat yang lebih lunak dari pada tulang, tetapi lebih keras daripada otot. Di dalam tulang rawan berisi serat kolagen dan zat berbahan dasar yang kaya akan proteoglikan, dan serat elastin.

Bagian-bagian Tubuh Tempat Tulang Rawan

  1. Telinga dan hidung
  2. Saluran nafas
  3. Ujung tulang rusuk
  4. Bagian belakang tubuh diantara tulang-tulang
  5. Persendian tubuh

Masing-masing bagian ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tulang rawan elastis ada pada telinga, hidung dan trakea. Kemudian tulang rawan fibrosa, terletak di bantalan sendi, cakram antara tulang belakang. Ada lagi tulang rawan hialin, ada pada tulang rusuk dan laring.

Gangguan Kesehatan Tulang Rawan

Jaringan Tulang Rawan pada Orang Dewasa

Memiliki sifat lentur  bukan berarti tanpa gangguan, penyakit yang biasa manusia derita pada bagian tulang rawan sering juga terjadi pada beberapa kondisi tertentu. Hal ini bisa disebabkan karena pengaruh faktor hormon, pola hidup yang tidak sehat.

Peradangan tulang rawan bisa terjadi biasanya ditandai dengan tulang rawan tersebut akan membengkak dan intensitas suhunya akan lebih panas dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Selain peradangan, tulang rawan bisa juga mengalami penyakit nyeri, yang menjangkiti bagian tulang rawan tersebut. Kemudian gangguan lain yang terjadi pada tulang rawan adalah rasa kaku yang bisa dirasakan di beberapa bagian tubuh.

Gangguan pada tulang rawan lain yang tidak bisa diremehkan adalah sulitnya badan untuk bergerak, ini disebabkan adanya rasa sakit yang berlokasi di bagian persendian yang ada rongga-rongga antar tulang.

Kerusakan tulang rawan lain yang paling umum terjadi di bagian lulut. Meskipun hal ini bisa saja terjadi di area siku, area pergelangan tangan, area pergelangan kaki, bahu, dan area pinggang.

Kasus penyakit yang paling parah pada tulang rawan adalah patah tulang rawan, hal ini menjadikan persendian tubuh terkunci. Penyakit parah yang sering terjadi bernama hemarthrosis atau perdarahan pada sendi. Ciri-ciri penyakit ini adalah bagian sendi terjadi perdarahan, kulit di area sendi tersebut akan memar atau kemerahan.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Rawan

Kesehatan tulang rawan menjadi hal penting yang tidak boleh diremehkan. Karena jika teledor dalam memperhatikan, sesuai namanya akan sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh manusia.

Cara paling bagus agar tulang rawan sehat dan tidak mudah sakit adalah dengan cara berolahraga. Dengan rutin melakukan gerakan tubuh, hal ini akan membuat elastis dan terbiasa dengan gerakan. Sehingga efektif untuk memelihara kekuatan dan kekebalan tubuh.

Selain dengan rutin berolahraga, cara yang dianjurkan oleh ahli kedokteran untuk menjaga tulang rawan adalah dengan menjaga pola hidup makan yang seimbang.

Berbagai penelitian di bidang ilmu biologi menjelaskan bahwa kesehatan tulang sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi, salah satunya dengan minum susu.

tulang rawan

Ada bayak jenis susu misal susu untuk kesehatan tulang dan sendi, tetapi jenis susu apapun itu, bahkan susu penambah berat badan  sekalipun tetap bagus untuk dikonsumsi. Asal berbahan dasar susu asli, sebenarnya tetap bagus untuk kesehatan tulang.

Pilihlah produk yang sesuai kebutuhan, agar bisa menguatkan tulangmu. Apabila ada gangguan sampai terasa sakit, segera periksa dengan konsultasi ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.