Memahami Use Case Diagram. Pengertian, Contoh, Simbol & Cara Membuat

Tutorial ini adalah seri teknologi dari Ladylikelily.com, seri ini akan fokus tentang UML (Unified Modeling Language). UML sangat penting dalam memodelkan sistem yang menerapkan konsep berorientasi object.

Pada dunia IT, dalam membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman ada konsep bernama OOP (object oriented programming). Agar mudah dalam memahaminya, maka lahirlah software untuk membuat UML.

UML diagram yang menggunakan pendekatan kebiasaan (behavior) ternyata lebih dimengerti banyak orang, contoh seperti activity diagram, atau interaction diagram. Dan yang yang lagi ngetred saat ini adalah use case diagram.

cara membuat use case diagram

UML perlu difahami agar mempermudah system developer berdiskusi, karena proses komunikasi lebih terstruktur lebih simpel karena menggunakan bahasa pemodelan yang mudah difahami. Tim Ladylikelily.com merekomendasikan pembaca untuk menginstall software UML yang bertebaran di internet.

Use case diagram adalah gambar dari semua actor, use case dan interaksi yang digunakan untuk memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram hanya menjelaskan interaksi antar actor dan use case saja, tanpa membahas penggunaan use case itu sendiri .

Elemen yang terdapat pada Use Case Diagram

  1. Actor objek atau sesuatu yang berinteraksi dengan sistem. Actor tidak memiliki kontrol terhadap use case, hanya berinteraksi saja. Biasanya digambarkan dalam bentuk gambar orang
  2. Use case adalah gambaran yang memudahkan orang mengerti akan fungsi dari suatu sistem yang akan dibangun. Biasanya digambarkan dalam bentuk balon berbentuk oval melengkung horizontal
  3. Association penghubung link antar element dalam use case diagram. Biasanya gambarnya adalah garis

membuat use case diagram

Hubungan yang terdapat pada Use Case Diagram

Association

Hubungan ini yang paling umum, berfungsi sebagai penghubung antar elemen dalam use case diagram

Generalization

Konsep pewarisan (inheritance) dalam OOP terlihat kentara disini. Mewarisi fungsi atau apapun yang dimiliki object yang diwariskan.

Dependency

Hubungan ini memiliki sifat yang saling membutuhkan. Ciri utamanya adalah adanya ketergantung antar elemen.

use case diagram adalah

Aggregation

Relasi ini adalah relasi yang berisikan elemen lainnya.

Contoh Kasus Use Case Diagram

Mahasiswa dan dosen adalah actor. Masing-masing actor punya aktivitas yang berbeda-beda, yang aktivitas masing-masing aktor terlihat detail pada use case yang tersedia. Sebelum actor melakukan aktivitas, ada include yang wajib actor lakukan, yaitu login ke sistem.

contoh use case diagram