Mengatasi Wifi tidak Terdeteksi Koneksi Sering Putus di Laptop Windows 10

Sedang ada kerjaan tiba-tiba wifi tidak terdeteksi di laptop? Problem ini cukup membuat hati error, tidak cuma laptop aja yg error.

Tentu langkah paling sederhana adalah mencoba disconnect wireless, kemudian konek lagi ke hostspot. Cobalah beberapa kali.

Selanjutnya, coba mendekat ke sumber wifi, bisa jadi kejauhan. Atau coba cek di komputer lain, cek pakai HP, apakah lancar koneksinya? Jika masih tidak nyambung, saatnya membaca tutorial dibawah ini.

wifi windows 10 sering putus

Berikut tutorial mengaktifkan wifi agar tersambung kembali ke internet.

Mengaktifkan Wifi yang Disable Secara Fisik / Hardware

Langkah ini terjadi karena ada tombol khusus di komputer, atau shortcut di keyboard laptop yang tidak sengaja ke klik/kepencet.

Cara mengaktifkannya adalah: cari logo di PC apakah ada tanda atau simbol wifi. Berikut contoh gambar screenshoot hardware notebook yang menggunakan button wifi.

masalah wifi windows 10

Tenang, tidak semua perangkat teknologi ini memilikinya, jika tidak ada di bawah motherboard laptop, samping kiri kanan, depan belakang. Coba lihat di keyboard komputer, seperti ini gambar ini misalnya:

laptop tidak bisa connect wifi windows 10

Setiap laptop memiliki devices berbeda, dan button keyboard yang mungkin saja berbeda. Anda bisa saja F6, F4 dst. Jika sudah menemukan, selamat problem wifi not connected sudah solve ya.

Bagi yang belum, kita lanjut.

Cara Setting Wifi Tidak Terdeteksi secara System / Software

Langkah ini yang paling banyak terjadi, mari kita ulas dan selesaikan problem IT ini.

Langkah pertama cari Network Connections di komputer Anda, biar gambar ini yang berbicara.

cara mengaktifkan wifi di windows 10

Terlihat wireless network connection di laptop windows 10 saya terdisable, langkah mengaktifkannya tinggal klik kanan, enable. Beres deh, sudah solve bisa intenet belum?

Kalo belum, santai dulu. Ambil kopi, kit lanjut next materi dibawah ini.

Install Ulang Driver Wifi yang tidak Terdektsi Windows 10

Problem ini bisa diselesaikan dengan melakukan pemasangan driver dari pabrik resmi keluaran produk laptop Anda. Bisa jadi drivernya sudah update, atau Anda tidak sengaja menghapus driver yang lama.

Pengecekan apakah laptop sudah terinstall dengan benar driver wifi adalah seperti ini.

Buka Computer Management

Klik Device Manager

Lihat bagian yang warna hijau, bagian Network Adapters

Apakah ada kata-kata yang mirip dengan : “wireless”

Jika Ada, lakukan disable, klik warna panah abu-abu, lalu enable kan lagi. Ini untuk merefresh laptop membaca ulang drivernya.

Jika tidak ada menu yang mirip dengan “Wireless”, berarti Anda perlu melakukan langkah selanjutnya. Menginstall driver wifi.

wifi tidak terdeteksi di laptop windows 10

Langkah pertama, pengecekan seri laptop. Buka Command Prompt. ketikkan systeminfo

koneksi wifi sering putus windows 10

Lihat model komputer Anda, catat kalu perlu. Kemudian anda perlu perangkat lain untuk konek ke internet, bisa pake HP atau pinjam komputer dulu. Untuk apa? Untuk mendownload software driver wifi Anda, karena butuh internet untuk download aplikasinya.

Ketik di google kata kunci: driver wifi + system model laptop anda, maka Anda akan ketemu situs yang menyediakan driver untuk laptop Anda, browsing dan download.

Jika agak susah mencarinya, anda bisa buka langsung pabrikan brand laptop Anda. Misal acer, ya buka situs acer. Cari menu download driver dan semacamnya. Masukkan system model seri laptop, nanti disana akan muncul menu untuk mendownload driver.

Setelah mendapatkan driver wifi seri laptopmu, copy ke flashdisk, lalu pastekan di laptop yang tidak connect tadi. Install deh drivernya, semoga solve ya.

Langkah pamungkas, pasti berhasil Atasi wifi tidak terdeteksi di laptop

Langkah ini butuh modal, bukan tutorial ataupun cara setting. heeee.

Tinggal ketik usb wifi adapter di internet, dan beli. Karena bisa jadi wifi internal Anda rusak kan?

wifi tidak terdeteksi di windows 10